Selasa, 16 Juni 2009

PRAKTEK PERAWAT MANDIRI

* Apa'An sICh yang dimaksud Praktek keperawatan mandiri ItU?
Praktek keperawatan adalah tindakan mandiri perawat profesional atau ners melalui kerjasama yang bersifat kolaboratif baik dengan klien maupun tenaga kesehatan lin dalam upaya memberikan asuhan keperawatan yang holistic sesuai dengan wewenang dam tanggung jawab pada berbagai tatanan, termasuk praktek keperawatan individu dan kelompok.
Pelayanan keperawatan adalah suatu bentuk pelayana profesional yang merupakan bagian intergral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu dan ilmu kiat keperawatan, berbentuk pelayanan bio-psiko-sospol-spiritual yang komprehensif, ditjukan pada individu, keluarga dan masyarakat baik sakit ataupun sehat yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia.


*Tujuan Praktek Keperawatan Mandiri
Menurut WHO tyjuan praktek harus diupayakan pada pencegahan primer, peningkatan kesehatan pasien, keluarga dan masyarakat, perawatan diri, dan peningkatan kepercayaan diri. Praktek keperawatan meliputi empat area yang terkait dengan kesehatan:
1. Peningkatan kesehatan ( Health Promotion )
2. Pencegahan pentakit
3. Pemeliharaan kesehatan
4. Pemulihan kesehatan
5. Perawatan pasien menjelang ajal


*
Unsur - unsur Praktek Keperawatan Mandiri
1. Mengelola kesehatan fisik dan mental serta kesakitan, meliputi pengkajian, monitiring, koordinasi, dan mengelola status kesehatan setiap saat. disini perawat harus bisa memutuskan kapan klien dikelola sendiri dan kapan harus durujuk ke profesi lain.
2. Memonitor dan menjamin kualitas praktik pelayanan kesehatan
3. Memberikan bantuan dan caring
4. Penyuluhan terhadap individu, keluarga maupun masyarakat mengenai mesalah kesehayan adalah dfungsi penting dalam keperawatan
5. Mengorganisasi dan mengelola sistem pelayanan kesehatan


* Praktek Keperawatan di Rumah ( Home Versing Practing / Home Care )
Home adalah perawatan di rumah merupakan lanjutan asuhan keperawatan di rumah sakit tang sakit termasuk dalam rencana pemulangan dan dapat dilaksanakan oleh perawat dari rumah sakit semula, oleh perawat komunitas dimana pasien berada, atau tim keperawatan khusus yang menangani perawatan di rumah.( William Rathbon )
Home care adalah pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien individu dan keluarga, direncanakan, dikoordinasikan.( Warola 1980 )



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar